Saturday, November 28, 2015

Seputar Capasitor bank

Saat sedang duduk-duduk santai di kantin tempat ane bekerja tiba-tiba ada temen lain yang nyamperin dan ngajak ngobrol sebut saja namanya mawar ,sambil ngopi-ngopi, ga lama kemudian si mawar ini tanya ke saya, mas fungsi dari capasitor bank itu apa si , saya liat kok hampir tiap hari di check terus ? terus ane jawab, di check lah gan supaya ga terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan, kan preventive maintenance jadi seminggu sekali udah jadwal dan ada reportnya gan.


Si mawar ini orang General office jadi ga tau masalah begituan dan si doi emang rada kritis kalo ngobrol dan pengin tau suatu hal yang belum dia pahamin, si mawar nanya lagi, isi dalam capsitor bank itu apa ajja si mas ? terus fungsi utama dari capasitor bank apa kok bnyak banget tiap-tiap panel ada ? nah loh ...gmna jawabnya tuh secara ane cuma lulusan STM doank 


Begini ajja deh gan ...ane kasih tau sesuai kerendahan ilmu ane yah ..( buset blagu amat rendah tp sok ngajarin ) hehehe ...yang pertama adalah sebab atau alasan kenapa kita harus pakai capasitor bank , itu karena hampir 95% beban yang ada di pabrik kita adalah motor listrik dimana motor listrik terdapat komponen lilitan atau kumparan tembaga untuk menciptakan medan magnet agar motor bisa berputar nah kumparan tersebut yang menimbulkan yang namanya rugi daya


Maka fungsi secara umum capasitor bank adalah memperbaiki faktor daya agar faktor daya di hasilkan mendekati angka 1 , setingan biasa di tempat ane adalah 0,96 untuk beban hampir 1,6 MegaWatt dan di defense sama 24 capasitor bank 54 - 60 Kvar dengan control regulator yang presisi


ini contoh penampakan dari capasitor bank yang ada di tempat kerja ane gan


capasitor bank



















Capasitor di atas udah rusak gan , ada beberapa capasitor yang udah meledak dan bau gosong
jika agan bertanya, adakah batasan waktu kerja capasitor bank dalam menjaga faktor daya ?
sejaauh ini sih tidak ada batasan waktu gan kaena tiap-tiap caspitor bank mempunyai usia sendiri ketika rusak ada yang 7 tahun, 10 tahun bahkan ada juga yang sudah tercatat 15 tahun baru meledak
hal ini menurut ane sih faktor yang berpengaruh terhadap masa kerja capasitor bank adalah seberapa besar beban yang di tanggungnya dan kondisi ruangan kerja panel capasitor bank


Pada awal penggantian capasitor bank kita kasih tanggal pemasangan gan jadi kita tahu masa kerja si capsitor bank tersebut seberapa lama capasitor bank mampu bekerja secara maksimal, berikut ane kasih picture dari capasitor bank tersebut gan, maaf kamera ane jelek jadi ga fokus picture nya hehee

capasitor bank
abaikan saja yah gan merk nya ..hehee


















Preventive maintenance yang di lakukan di tempat ane kerja biasanya setiap minggu sekali seluruh area beban produksi, apa saja yang di check gan ?

1. Ampere
Sejauh ini ane belum tau acuan nilai ambang batas si capasitor bank tiap phase nya , perlu rumus gan untuk menemukannya tapi berdasarkan pengalaman ane ketika pasang capasitor bank baru ampere tiap phase nya sekitar 65 -70 Ampere, 55 - 50 Ampere masuk catatan list menuju jelek dan yang sudah di bawah 50 Ampere harus di trip kan

2. Fisik
Penyebab trip nya Breaker ( MCCB ) tidak selalu di sebabkan oleh capasitor bank yang sudah rusak namun kadang lebih dominan di sebabkan oleh rusak nya kontaktor switching atau kabel koneksi yang terbakar akibat suhu panas ruangan panel capasitor bank namun hal ini sudah di atasi dengan di pasangnya AC agar suhu ruangan terjaga.


Berikut fungsi dari capasitor secara spesifik gan ane dapet dari blog seorang teknisi electrical mechanical, ini blog beliau :
- Menghilangkan denda / kelebihan biaya ( kVarh )
- Menghindari kelebihan beban transformer
- Menghindari kenaikan arus dan suhu kabel koneksi
- Memaksimalkan pemakaian daya yang terpasang  ( kVA )
- Menhindari voltage drop ( undervoltage ) pada line end ( beban )
- Meningkatkan kualitas sumber daya listrik

Related Posts

Seputar Capasitor bank
4/ 5
Oleh

3 comments

December 5, 2015 at 4:09 AM delete

wkkwkwkwk ...podo2 mas hendrikus gama adi ...gmna kranji aman ?

Reply
avatar

Berkomentarlah yang bijak dan sopan
Sharing to caring
Semoga sukses dan Lancar

Powered by Blogger.